Kapal pesiar besar sepertinya sebentar lagi dapat bersandar di Pulau Bali, khususnya di wilayah Celukan Bawang. Sebelumnya wilayah Bali Utara memang akan dikembangkan untuk menjadi destinasi wisata favorit. Untuk itu perlu adanya pembangunan infrastruktur seperti pelabuhan Celukan Bawang yang dapat menampung kapal pesiar besar.

Pembangunan tersebut juga diungkapkan oleh Kepala Dinas Pariwisata Buleleng, Nyoman Sutrisna bahwa wilayah Bali Utara akan dibuat untuk destinasi kapal pesiar. Untuk wilayah Celukan Bawang dipilih karena merupakan lokasi yang strategis.

Celukan Bawang terdapat dermaga yang memiliki kedalaman alami. Sehingga kapal pesiar besar dapat bersandar di pelabuhan ini. Nantinya akan dibuat Labuh Timur dengan kedalaman 11 meter dan Labuh Barat dengan kedalaman 4 meter.

Selain aktivitas pariwisata, wilayah Celukan Bawang juga digunakan untuk kegiatan industri seperti bongkar muat barang.

Proyek pembangunan pelabuhan Celukan Bawang sudah dimulai sejak September 2017 dan diperkirakan dapat beroperasi pada pertengahan 2018. Nantinya pelabuhan tersebut dapat menampung kapal pesiar besar dengan kapasitas 4.000 pax.

Sebelumnya memang sudah ada kapal pesiar yang berlabuh di wilayah tersebut namun hanya mampu membawa tidak lebih dari 3.000 wisatawan. Sehingga diperlukan infrastruktur yang lebih memadai.

Dengan adanya wisata kapal pesiar di Bali Utara maka akan berpengaruh terhadap objek wisata di sekitarnya seperti Pantai Lovina, Taman Nasional Bali Barat, Kebun Raya Bedugul, dan Danau Beratan. Wisatawan yang menggunakan kapal pesiar besar dapat menuju ke objek wisata tersebut secara mudah.

Selain Bali Utara, wilayah yang sedang dikembangkan untuk wisata kapal pesiar adalah Tanjung Benoa. Rute wisata kapal pesiar akan menuju Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur. Bahkan Menurut Menko Kemaritiman, dermaga kapal pesiar di Tanjung Benoa dapat bersaing dengan Singapura. Dan akan menjadi yang terbaik di Asia Tenggara.

Pulau Bali memang menjadi tujuan wisata di Indonesia bagai wisatawan mancanegara. Keindahan alam yang menakjubkan dan budaya yang sangat kental di Pulau Dewata membuat wisatawan sangat suka berlibur di Bali.