Lonnely Planet merilis data negara-negara yang nyaman untuk dikunjungi. Dari data yang dirilis tersebut, Indonesia masuk Top 10 Negara Terbaik Untuk Dikunjungi Tahun 2019. Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya dari director Client Solution Lonely Planet, Ali Teeman.

Pemberian penghargaan tersebut dilakukan di booth Wonderful Indonesia saat World Travel Market (WTM) 2018 di London. Menteri Arief mengungkapkan bahwa penghargaan tersebut sangat penting untuk pariwisata Indonesia karena cukup bergengsi. Indonesia masuk 10 besar negara terbaik untuk dikunjungi. Itu artinya Indonesia mendapat respon yang baik dari wisatawan.

Selain itu, Indonesia patut berbangga karena hal ini salah satu pengakuan dari masayarakat dunia atas pariwisata yang ada di Indonesia. Atas penghargaan tersebut dapat menjadi dampak baik untuk pariwisata.

Lonely Planet merupakan panduan perjalanan untuk para wisatawan yang ingin berkunjung ke sebuah negara. Lonely Planet merilis 10 negara terbaik untuk dikunjungi yang diterbitkan dari buku Best In Travel 2019. Bahkan yang perlu dibanggakan dari Indonesia adalah cover buku Best in Travel 2019 tersebut adalah Pura Ulun Danu di Bali.

Indonesia terpilih menjadi salah satu negara yang harus dikunjungi karena berbagai alasan. Antara lain memiliki kekayaan alam, kuliner yang beragam, ragam budaya, akomodasi yang murah, dan masyarakatnya yang ramah terhadap wisatawan.

Terpilihnya Indonesia dalam Top 10 Negara Terbaik untuk Dikunjungi 2019 juga tidak lepas dari kebijakan Pemerinta Indonesia yang memberikan akses Bebas Visa Kunjungan (BVK) untuk 169 negara di dunia.

Dari daftat 10 negara, Sri Lanka berada di peringkat pertama, posisi kedua ditempati Jerman, dan peringkat ketiga Zimbabwe. Kemudian peringkat empat ditempati Panama, posisi lima Kyrgyzstan, dan posisi enam Yordania.

Dalam daftar tersebut Indonesia berada di posisi ke tujuh. Selanjutnya posisi keenap diduduki Belarusia, posisi ke sembilan ada Sao Tome and Principe, dan posisi kesepuluh ditempati Beliza.

Menteri Arief berharap atas masuknya Indonesia sebagai negara terbaik untuk dikunjungi, pariwisata Indonesia terus meningkat dan target wisatawan akan terlampaui.