Pembangunan bandara Buleleng akan dilanjutnya dan diperkirakan akan dilakukan peletakan batu pertama pada Agustus 2018. Hal tersebut membuat DPRD Provinsi Bali merespon positif atas proyek pembangunan bandara yang dapat mengikis ketimpangan di Bali selama ini.

Bandara Buleleng dapat meningkatkan roda perekonomian di wilayah utara, khusunya untuk sektor wisata di daerah tersebut. Karena yang kita tahu selama ini tujuan wisata paling favorit ada di Bali Selatan.

Menurut anggota Komisi III DPRD Provinsi Bali I Kadek Nuartana mengungkapkan jika pihaknya sangat menyambut baik atas pembangunan bandara Buleleng. Ia menambahkan jika proyek tersebut dapat berjalan dengan lancar dan benar-benar terealisasikan.

Bahkan apabila pemerintah pusat meminta kerjasama dengan legislatif, pihaknya siap mendukung sepenuhnya. Seperti penentuan lokasi yang hingga kini belum dikeluarkan Kementerian Perhubungan. Jika penentuan lokasi belum diterbitkan maka investor tidak dapat bekerja.

Pembangunan bandara Bali Utara akan memeperatakan pembangunan di provinsi Bali, sehingga perekonomian akan meningkat. Kemudian jika bandara Buleleng terealisasi maka dapat mengurai kemacetan yang terjadi di wilayah selatan.

Selain itu jika melihat dari sektor pariwisata maka pembangunan bandara tersebut dapat membuat rute baru kunjungan wisatawan, khususnya wisatawan mancanegara. Objek wisata yang ada di Bali Utara juga akan meningkat.

Selama ini pariwisata di kawasan Bali Utara cukup tertinggal karena minimnya fasilitas dan infrastruktur penunjang seperti bandar. Sehingga pembangunan bandara Buleleng diharapkan dapat menjadi pemerataan ekonomi.

Pembangunan proyek bandara Buleleng juga dapat menarik investor masuk. Banyak potensi yang dapat dikembangkan seperi perhotelan, resort, dan sebagainya.

Kunjungan wisatawan juga dipastikan akan meningkat dengan adanya bandara di Bali Utara. Pemerintah pusat memang sedang fokus pada infrastruktur karena hal tersebut merupakan tahap awal untuk meningkatkan perekonomian di setiap daerah.

Seperti yang diberitakan sebelumnya bahwa Bandara Buleleng telah mendapat restu dari Presiden Jokowi. Bahkan Presiden sudah mengirimkan surat malaui Mensesneg Pratikno kepada Kementerian Perhubungan untuk menetapkan lokasi pembangunan bandara secepatnya. Pembangunan bandara tersebut juga akan didukung pembangunan jalan tol dari Utara ke Selatan.