PLTU tenayan raya, merupakan PLTU yang terletak di wilayah pekanbaru riau. Merupakan pembangkit listrik terbaru di tahun 2016 yang berdiri di pinggiran kota. Provinsi Riau akan mendapatkan suntikan energy baru.

Energy tersebut dapat menjadi tambahan untuk mengaliri sebagian kota riau. Daya tamping riau waktu itu hanya sekitar 70 persen. Hanya sebagian yang bisa dialiri litrik, dan ini akan menjadi ssebuah tambahan yang sangat bagus.

Berada di wilayah tenayan, hanya berjarak sekitar 8 km dari pusat kota. Lumayan dekat dengan wilayah perkotaan, apalagi jika dihubungkan dengan wilayah yang baru. Namun meski tak masuk ke dalam pusat kota, wilayah ini sangat dekat dengan wilayah sawit warga.

Dibangun diatas lahan seluas 40 hektar, lumayan besar untuk ukuran pembangkit. Ini menjadi suntikan yang bagus untuk warga pekanbaru. Namun isu yang beredar adalah adanya TKA illegal. Kasus tersebut baru mencuat akhir-akhir ini.

Tenaga kerja asing saat ini sedang berada dalam masa yang berat. Pasalnya, untuk saat ini sangatlah sensitive jika seorang dihubungkan dengan para pekerja asing. Ada banyak orang yang terindikasi sebagai pegawai asing illegal.

Bahkan sebelumnya diberitakan ada sekitar 90 orang illegal yang bekerja disini. Dinas kependudukan riau kabarnya telah mendapatkan parra pekerja dari PLTU tenayan ini.

Pengangkutan para TKI illegal kini sedang gencar. Terkait dengan perpres yang terjadi beberapa waktu yang lalu. Banyak orang yang beranggapan bahwa Jokowi tidak peduli dengan tenaga kerja asing. Namun pada kenyataanya ini menjadi sebuah isu saja.

Jokowi telah merencanakan ini semua dengan baik. Jokowi tahu bagaimana mengatur para tenaga kerja asing yang ada. Bahkan baru-baru ini meskipun didemo data menyatakan bahwa jokowi hanya melanjutkan kebijakan presiden sebelumnya.

Kejadian di PLTU tenayan menjadi salah satu pembelajaran bagi semuanya. Ada banyak orang yang bekerja tanpa adanya aturan. Para pegawai asing ada disekitar sini dengan cara yang illegal itu tidak dibenarkan oleh undang-undang.

PLTU tenayan menjadi salah satu contoh yang terbaru. Bagaimana  adanya pekerja asing illegal. Jika pekerja asing kini sedang banyak dan banyak isu yang diangkat untuk membuat salah satu bakal calon presiden ini tidak dibenarkan. Presiden itu adu visi misi bukan menjelekan.