Bukit asam akan memasok batubara ke wilayah Kuala Tanjung. Ini akan menjadi sebuah solusi untuk membuat peleburan almunium. Kebutuhan batubara untuk menjadikan sumber daya pembangkit listrik yang akan beroperasi d tahun 2020 ini dipasok dari bukit asam. Direktur utama inalum winardi sunoto menyatakan kebutuhan akan batubara unltuk menunjang operasi daripada PT selebihnya akan ddijual. Pastinya unutk menunjang smelter energy tidak boleh berhenti. Ini harus terus berlanjut sehingga dibutuhkan daya yang tidak sedikit.

Menurut WInardi Sunoto untuk sementara ini PT yang bekerjasama adalah dariu bukit asam. Dan mungkin saja aka nada ekrjasam d3engan pihak yang lain. Pihak tersebut bisa jadi akan bekerjasama di masa mendatang.

Tidak menutup kemungkinan PT Inalum membuka kerjasam dengan pihak yang lain. Saat ini juga PT Inalum telah mendirikan PLTA. PLTA tersebut terdiri dari sigura-gura dan tangga atau asahan. Sumatera utara akan dipasok listrik. Sehingga ini yang membuat pT tersebut terus membangun negeri. Membantu dalam pemberian sumber daya listrik.

PLTU dari PT Inalum tersebut sangat penting dalam membantu penyaluran listrik ke wilayah Sumatera Utara. Selain itu PLTU tersebut akan menghasilkan listrik yang akan disalurkan kepada klaster industry almunium atau kawasan industry kuala Tanjungl untuk smelter almunium.

Skema alternative yang ada sedang dijajaki. Skema tersebut yaitu kerjasama dengan berbagai pihak termasuk pihak baru yang mau diajaki kerjasama dengan PT Inalum.

Pertimbanganya adalah keuntungan dari komoditas almunium yang dihasilkan. Ini sangat penting dengan harga almunium yang terus mengalami peningkatan. Ada banyak yang mau diajak bekerjasama pastinya.

Di pasar internasional sendiri, harga almunium terus mengalami penanjakan. Ini akan baik untuk para investor untuk bekerjasama sehigga nantinya terjalin kerjasama ynag apik.

Inalum membutuhkan tambahan sebesar 350 MW untuk mengemban primary almunium smelter. Inalum merupakan satu-satunya perusahaab smelter Indonesia. Menjadi BUMN semnejak 2013 dan memasuki bisnis hingga 1 juta ton almunium. Ini merupakan harga dari sebuah PT inalum. Dengan ini perusahaan tidaklah sulit untuk mendapatkan investor.