Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Barat PT Perusahaan Listrik Negara (PLN), Haryanto WS, Kamis (10/5) menyebutkan bahwa Pasokan listrik pada perhelatan Asian Games 2018 yang berlangsung di Jakarta dan Palembang dipastikan aman.
“PLN akan melakukan sinkronisasi dengan pembangkit listrik Gas Turbine (GT) proyek PLTGU Jawa 2, unit 1 dengan kapasitas 300 MW untuk mengamankan pasokan listrik Asian Games 2018,” kata Hayanto.

Selain itu Haryanto mengatakan, PLTGU unit 1 ini ditargetkan beroperasi pada tanggal 10 Juni nanti. Selain itu, perhelatan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang sepenuhnya juga akan mendapatkan suplai pasokan listrik dari PLTGU Jawa 2, unit 2 dengan kapasitas 300 MW yang ditargetkan beroperasi pada 22 Juli.


Untuk mempercepat dan menjamin semuannya sesuai dengan rencana dan target PLN juga terus melakukan pemantauan pembangkit-pembangkitnya yang sudah dipersiapkan. “Saya minta lakukan testing dan commisioning, sebelum CoD beroperasi. Semua di periksa betul sehingga bisa mendukung Asian Games,” tegas dia.
Menteri Pariwisata Arief Yahya menyambut positif kesiapan PLN menjadi salah satu bagian dari perhelatan Asian Games 2018 di Indonesia. PLN memberikan kesanggupan dengan jaminan seluruh stakeholder yang terlibat, dipastikan perhelatan akbar Asian Games 2018 akan berjalan sukses dan tanpa kendala.

“Inilah yang dimaksud Indonesia Incorporated. Semua bersatu padu demi mensukseskan Asian Games 2018. Kerena ajang ini merupakan cerminan Indonesia. Menjadi penilaian dunia apakah Indonesia mampu atau tidak, layak atau tidak, diperhitungkan oleh negara di seluruh dunia,” ujar Arief Yahya.

Menpar juga mengingatkan kepada seluruh pihak terkait, semua harus menyukseskan perhelatan Asian Games 2018. Karena Asian Games ini membawa dampak positif bagi indonesia, bukan hanya dalam dunia olahraga tetapi juga perekonomian dan pariwisata Indonesia di mata internasional secara keseluruhan.

Karena di dalam perhelatan Asian Games 2018 bukan hanya olahraga yang akan di ekspose secara khusus melainkan secara umum bagaimana investasi di Indonesia, keamanan Indonesia dan pastinya tidak akan terlepas dari pariwisata yang akan menjadi sorotan masyarakat Internasional kepada Indonesia.