Pembangunan tol utara selatan terus dikebut untuk mengembangkan kawasan ekonomi di wilayah Bali Utara. Pembangunan tol ini direncakan akan dimulai pada tahun 2018. Tol tersebut nantinya akan membelah dari Utara ke Selatan.

Seperti yang dijelaskan Menteri Koordinator Bidan Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan ketika melakukan peninjauan lokasi untuk acara pertemuan tahunan IMF-Bank Dunia pada Oktober. Lutuh mengungkapkan jika proyek pembangunan tol utara selatan ini diharapkan dapat menjadi solusi untuk mengatasi ketimpangan yang ada selama ini.

Selain untuk mengurai kemacetan, proyek pembangunan jalan tol ini juga digunakan untuk mendukung pembangunan bandara Buleleng di Bali Utara. Nantinya jalan tol akan menghubungkan wilayah utara dan selatan uang melalui bandara Buleleng. Jika pembangunan jalan tol sudah dimulai maka peletakan batu pertama proyek pembangunan jalan tol dapat segera dimulai.

Ketimpangan yang ada saat ini memang cukup membuat masyarakat Bali di wilayah utara kerap dikeluhkan warga. Ketimpangan tersebut dapat dilihat dari perekonomian di wilayah selatan lebih tinggi. Alasan yang paling sering diungkapkan karena untuk menuju ke wilayah utara, infrastruktur yang ada kurang memadai.

Contoh lainnya adalah jumlah kunjungan wisatawan yang datang ke Bali lebih banyak ditemukan di wilayah selatan. Mereka yang ingin berlibur di Bali merasa lebih mudah untuk menjangkau tempat-tempat wisata. Sedangkan wilayah utara infrastruktur belum memadai sehingga banyak yang belum mengenai objek wisata unggulan di wilayah Bali utara.

Dengan adanya tol utara selatan menurut Menko Luhut jumlah wisatawan diharapkan akan merata dan objek-objek wisata di wilayah akan berkembang. Selain pembangunan jalan tol, infrastruktur jalan di wilayah Barat dan Timur juga akan dibenahi seperti daerah Karang Asem dan Tanah Lot.

Bali merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang menjadi tujuan wisata dunia. Banyak objek wisata yang memiliki alam yang menakjubkan. Selain itu, Bali juga dikenal dengan budayanya yang masih kental sehingga tak heran jika Bali selalu menarik bagi wisatawan. Setiap tahun kunjungan wisatawan terus meningkat.