Siapa si yang tidak mengenal Pulau Bali, pulau dengan deretan destinasi wisata menarik dan indah memang menjadi salah satu daya tarik wisatawan Indonesia dan juga wisatawan asing. Menurut salah satu rilis dari situs pemesana online Agoda Pulau Bali masih menjadi favorit dan menduduki peringkat pertama tujuan wisatawan asing berlibur ke Indonesia.

Selain destinasi wisata di Bali dan sederet keunikan Pulau Dewata ini salah satu daya tarik lainnya adalah Bali menjadi tuan rumah agenda festival menarik yang bisa menarik wisatawan untuk datang ke Bali. Diantaranya Pesta Kesenian Bali (PKB) yang diadakan setiap tahun pada Juni hingga Juli. Selama sebulan penuh, tarian, musik, dan ekspresi seni Bali yang terbaik dipamerkan di Taman Budaya Art Center, Denpasar.

Ada pula yang akan menghiasi langit dengan ratusan kreasi layang-layang warna-warni, serunya balap kerbau dalam tradisi Makepung (Juli-November), hingga pesta terbesar bagi sastrawan di Ubud Writer Festival (Oktober), yang membuat para wisatawan asing memiliki banyak alasan untuk mengunjungi Bali.

Terlebih saat ini Bali mulai benar-benar mengembangkan berbagai fasilitas dan pendukung berbagai destinasi pariwisata. Fasilitas dan pendukung wisatawan memang dibangun untuk semakin memanjakan dan mempermudah kunjungan wisatawan ke Bali.

Beberapa fasilitas pendukung diantaranya adalah pengembangan Pelabuhan Celukan Bawang dan Pelabuhan Benoa sebagai bersandarnya kapal pesiar di Bali dn digadang-gadang akan menjadi pintu gerbang jalur laut wisatawan asing untuk datang ke Pulau Bali.

Untuk posisi kedua destinasi utama wisatawan Indonesia, ditempati oleh kota Bandung. Sebagai tempat wisata di Jawa Barat favorit warga Jakarta, kota Bandung terkenal dengan pusat belanja distro dan tempat kuliner Sunda. Selain dua kota itu, Yogyakarta, Jakarta dan Malang juga menjadi favorit wisatawan lokal. Mereka secara berurutan berada di posisi enam, delapan dan 10.

Bukan alasan memang untuk tidak mengunjungi Bali untuk menikmati berbagai keindahan yang ada di Pulau Dewata. Bahkan banyak wisatawan asing yang betah dan memilih untuk tinggal di Bali karena nyaman tinggal di Bali.