Akhir pekan ini akan ada dua festival di Bima, Nusa Tenggara Barat. Kedua festival tersebut disiapkan untuk menarik wisatawan berkunjung ke NTB. Pemerintah Kabupaten Bima melalui Dinas Pariwisata Menggandeng Pemerintah Kecamatan Langgudu dan Komunitas Nisa bea sebagai pelaksana event budaya bertajuk Festival Tanjung Langgudu 2018.

Festival tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 20-21 Oktober. Selain sebagai upaya promosi wisata di Bima, festival Tanjung Langgudu juga bertujuan untuk mempromosikan potensi lokal, ekonomi kreatid, sumber daya alam, kuliner khas, serta budaya dan kesenian.

Festival Tanjung Langgudu terdiri dari beberapa kegiatan, seperti pentas budaya Bima yang terdiri dari Olo, Rimpu, Buja Kadanda, serta kuliner khas yang berasal dari Langgudu. Hal lain yang dapat ditemuiadlaah adanya lomba hias dan dayung perahu yang berlokasi di Dermaga Nusantara, Dusun Sorobugis, Karumbu.

Pemerintah Kabupaten Bima menyambut baik event seperti festival Tanjung Langgudu diadakan setiap tahunnya. Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Bima, Abdul harus mengungkapkan bahwa pemda sangat mengapresiasi kegiatan tersebut.

Event yang diprakarsai oleh komunitas setempat tentu sangat bagus dan lebih menarik karena masyarakat tentu lebih mengetahui apa yang khas di daerahnya.

Selain festival Tanjung Langgudu, sekelompok pemuda di kecamatan Belo juga mengadakan acara yang hampir sama yakni yang diberi nama Festival Bombo Ncera.

Nombo Ncera meruapakan tempat wisata domestik yang sangat berpotensi. Lokasinya berada di Desa Ncera, Kecamatan Belo. Untuk menuju ke tempat wisata ini harus menempuh jarak sekitar 45 km dari Kota Bima.

Dengan potensi wisata alam yang ada, kelompok pemuda berkreasi untuk membangun tempat wisata agar lebih dikenal luas oleh publik. Tujuannya adalah untuk mengoptimalisasi potensi wisata berbasi edukasi dan budaya setempat. Selain itu, dengan mambangun wisata yang lebih dikenal luas, secara tidak langsung masyarakat setempat akan lebih sadar untuk menjaga kelestarian lingkungan.

Festival Bombo ncera akan digelar pada 11-12 November mendatang dan menampilkan berbagai macam kegiatan lomba dan pertunjukan budaya.