Pendakian Gunung Argopuro dan Gunung Arjuno khusus jalur Tretes direncakan akan menggunakan sistem tiket elektronik. Rencana tersebut akan dimulai sejak 1 April 2019. Jadi para pendaki yang ingin menuju kedua gunung tersebut harus memesan tiket secara online melalui aplikasi “Ijen Blue Fire”. Aplikasi tersebut dapat di download di PlayStore.

Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur, Nandang Pribadi menuturkan bawa rencana pembelian tiket secara online juga didorong oleh berbagai alasan. Pertama adalah memudahkan untuk pengunjung yang akan mendaki.

Jadi pengunjung dari luar kota atau luar negeri dapat merencanakan perjalanan dengan baik. Selain itu, pihaknya juga menganggap pembelian tiket akan lebih efisien. Sistem yang ada akan memangkas jumlah anggaran cetak blangko/tiket kertas. Penyetoran ke kas negara juga akan lebih cepat. Jika hari ini transaksi maka keesokan harinya akan langsung sampai ke bendahara.

Sementara untuk pendakian Gunung Arjuno via Tretes, Pasuruan sistem tiket elektronik dibutuhkan karena kawasan TWA tretes masuk dalam naungan BBKSDA Jawa Timur. Sedangkan untuk jalur lainnya belum termasuk. Untuk pendakian Gunung Argopuro, yakni di Pos Baderan dan Pos Bremi telah menggunakan sistem tiket elektronik.

Selain kedua gunung tersebut, kebijakan pemesanan tiket tersebut juga berlaku untuk tempat lainnya yang berada di bawah naungan BBKSDA Jawa Timur. Tempat lainnya antara lain TWA Kawah Ijen dan TWA Gunung Baung.

Nandang menjelaskan bahwa pihaknya sedang menguji sistem pemesanan tiket elektronik tersebut. Apabila masih terdapat kendala hingga Maret 2019, maka pihaknya akan tetap menyediakan tiket manual untuk para pendaki.

Mengenai sistem kuota seperti yang telah diterapkan di gunung yang terdapat di Pulau Jawa, saat ini Nandang mengaku belum bisa memastikan apakah nantinya akan menggunakan sistem kuota atau tidak.

Untuk diketahui, Gunung Argapura merupakan gunung berapi komleks yang memiliki ketinggian 3.088 meter di atas permukaan laut. Gunung tersebut berada di kawasan Suaka Margasatwa Pegunungan Yang. Sehingga kompeks ini disebut Yang-Argapura.