Sektor Pariwisata Kabupaten Bima memang tak dapat dianggap sebelah mata saja, buktinya banyak lokasi wisata yang tersebar dipelosok kabupaten yang masih belum dieksplore secara maksimal termasuk salah satunya yaitu Pantai Rontu yang berada di Desa Tangga Baru, Kecamatan Monta.

Pantai rontu merupakan pantai yang berada disebelah selatan Kabupateb Bima dan berhadapan dengan Samudera Hindia dengan hamparan pasir putih yang cantik dan perairan laut yang tak berombak besar, serta pemandangan pegunungan sekeliling yang eksotis menjadikan pantai rontu amat memukau. Bagi yang hobi olahraga laut, banyak aktivitas yang bias dilaksanakan disini seperti berenang, memancing, bersantai, dan aktivitas lainnya yang kini sedang trend “surving dan diving”.

Hamparan pantai di bibir Samudera Hindia ini cukup potensial dan menjanjikan. Untuk itu perlu adanya upaya lebih dari pemerintah disana untuk merawat, membenahi dan mengelola pantai ini supaya menjadi objek kunjungan wisata andalan Kabupaten Bima. Setiap akhir pekan dan hari libur, banyak warga sekitar yang  mengunjungi pantai ini untuk menikmati estetika pemandangan pantai ini meski lokasi pantai rontu lumayan jauh dari sentra kota Bima, kadang banyak juga turis mencanegara yang mendatangi pantai ini untuk berselancar.

Namun kini kedaan Pantai Rontu amat memprihatinkan dengan kurangnya perhatian pemerintah setempat mengakibatkan pantai rontu seperti pantai yang tak terurus dimana mata pencaharian warga disekitar merupakan mencari “gose” atau gargasum yang menjadikan pantai ini terlihat kotor dan tak terawat. Semestinya pemerintah memiliki andil khusus untuk mengoptimalkan potensi pantai rontu ini, sehingga sanggup menjadi aset pendapatan khusus untuk warga sekitar kedepannya.

Untuk menempuh lokasi pantai ini memerlukan waktu sekitar 1,5 jam dari ibukota Kabupaten Bima dan 1 jam dari terminal Tente Kecamatan Woha. Walaupun demikian, Pantai Rontu masih cukup natural dengan air laut yang bening dan buih ombak laksana intan dengan hamparan pasir putih ialah suguhan yang akan di berikan terhadap pengunjung yang hadir dan berkunjung.

Hingga saat ini pantai yang memang nnampak sangat jernih ini masih menjadi salah satu tujuan wisata utama di Bima. Pemandangan yang menawan juga menjadi salah satu factor utama, namun jangan lupa selama kalian berkunjung kesana jagalah kebersihan, mulailah menjaga postensi wisata alam yang ada di Indonesia ini.