Bukan hanya di Bali, banyak tempat wisata Indonesia lainnya yang menawarkan keindahan alam dan budaya menarik. Menariknya banyak tempat wisata di Indonesia yang kini tersohor hingga mancanegara.

Berikut ini kami sajikan beberapa rekomendasi wisata khususnya di Indonesia bagian timur yang wajib Anda kunjungi, paling tidak seumur hidup sekali.

3 Pilihan Tempat Wisata Indonesia Bagian Timur

  • Taman Nasional Lorentz

Taman Nasional Lorentz merupakan sebuah taman yang berlokasi di Provinsi Papua dengan luas kawasan 2,4 juta Hektar. Taman ini sekaligus tercatat sebagai taman nasional terbesar di Asia Tenggara.

Taman Nasional Lorentz

Menariknya, taman ini masih belum dipetakan sehingga dapat dijelajahi dan banyak terdapat tanaman langka dan binatang langka. Pada 1999 taman nasional ini diterima sebagai Warisan Dunia oleh UNESCO.

  • Danau Tondano

Danau Tondano merupakan danau terluas yang ada di Provinsi Sulawesi Utara. Menariknya, danau ini diapit oleh Pegunungan Lembean, Gunung Kaweng, Bukit Tampusu, dan Gunung Masarang.

Danau Tondano dilingkari dengan jalan provinsi dan menjadi penghubung Kota Tondano, Kecamatan Tondano Timur, Kecamatan Eris, Kecamatan Kakas, Kecamatan Remboken, dan Kecamatan Tondano Selatan.

Danau Tondano selain menawarkan panorama alam juga menjadi penghasil ikan air tawar. Yang menjadi daya tarik wisatawan adalah adanya pulau kecil bernama Likri dan Pulau Babi di tengah Danau Tondano.

  • Kampung Tarung Sumba Barat

Beralih ke Pulau Sumba, Nusa Tenggara di mana ada suatu kampung yang masih memegang teguh kepercayaan adat. Adalah Kampung Tarung yang terletak di Sumba Barat yang masyarakatnya masih menjalankan kepercayaan “Merapu”.

Menariknya lokasi Kampung Tarung tidak berada di tempat pelosok atau terpencil, namun ada di dalam kota. Waikabubak yang merupakan ibukota Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Barat adalah lokasi Kampung Tarung berada.

Namun bagi Anda yang inign menyaksikan kehidupan di Kampung Tarung, sebelumnya harus meminta izin dari pimpinan suku atau yang biasa disebut Rato.

Daya tarik Kampung Tarung bagi wisatawan adalah arsitektur dan tata ruang kampung yang mengandung filosofi, dan tidak menggunakan pasak atau paku besi. Selain itu Kampung Tarung adalah salah satu wisata Indonesia yang menawarkan wisata budaya dan religi terbaik.