Bali memang menjadi tempat di mana banyak orang menghabiskan waktu liburan. Selain karena banyak memiliki tempat menarik untuk dikunjungi, Bali juga memiliki budaya yang khas sehingga banyak wisatawan yang berkunjung ke Bali.

Keunikan dan kekayaan Pulau Dewata kemudian ditangkap sebagai peluang bisnis oleh pasangan pebisnis Tjandra Limanjaya dan istrinya Irnawati Sutanto untuk memulai usaha pakaian.

Tjandra Limanjaya Direktur PT yang Sukses di Bali

Sebagaimana diketahui, Tjandra Limanjaya memang sudah dikenal sebagai investor dan pengusaha yang memiliki berbagai perusahaan di Indonesia. Meskipun sudah banyak bisnis Tjandra yang tersebar di nusantara, namun dirinya tidak puas sampai di situ.

Bisnis pakaian dipilih bukan tanpa alasan. Tjandra Limanjaya dan Irnawati Sutanto memilih pakaian karena sebagian wisatawan akan membeli oleh-oleh yang mudah dibawa dari tempat wisata yang mereka kunjungi.

“Pakaian akan lebih praktis dibawa dibanding dengan oleh-oleh berupa makanan”, ujar Tjandra.

Tjandra Limanjaya Pengusaha Serba Bisa

Tjandra yang sudah puluhan tahun bergelut di dunia bisnis, tampak tahu dan menguasai bisnis yang dijalankannya saat ini. lantas bagaimana beliau memulai bisnis yang tampak asing baginya tersebut?

Hal yang menarik adalah Tjandra Limanjaya dan istrinya juga merancang sendiri model serta bahan yang digunakan dalam bisnis pakaian tersebut. Model yang dipilih tentu menyesuaikan dengan kebutuhan pasar dan perkembangan fashion yang ada.

Untuk bahan yang digunakan, Tjandra Limanjaya lebih memilih kualitas bahan terbaik karena dengan begitu ketika dipakai akan lebih nyaman. Meski sedikit lebih mahal, pakaian yang dijualnya lebih disukai khusunya para wisatawan luar negeri.

Tjandra Limanjaya dan Istrinya Menjual Kain khas Indonesia

Selain pakaian, Tjandra Limanjaya dan istri juga menjual berbagai kain khas Indonesia seperti batik, tenun, songket, dan sebagainya. Untuk kain-kain tersebut, Tjandra mengaku bekerja sama dengan para pembuat langsung di berbagai daerah di Indonesia.

Seperti batik misalnya, Tjandra harus mengunjungi Pekalongan sebagai kota yang terkenal dengan kualitas batik terbaik. Di sana Tjandra Limanjaya dan istrinya langsung memesan kain batik sesuai dengan kebutuhan.

Untuk tenun juga demikian, ada beberapa kain tenun yang populer di Indonesia seperti kain tenun Pelembang, tenun Ulap Doyo dari Kalimantan, dan Tenun Dayak. Setiap jenis memiliki ciri khas masing-masing. Hal ini yang membuat para wisatawan mancanegara menyukai kain khas Indonesia.

Kolega Bisnis Tjandra Limanjaya Menyarankan Go Internasional

Dari bisnis pakaian tersebut, Tjandra Limanjaya dan istri mengaku mampu meraup untung hingga ratusan juta hingga miliaran rupiah. Bahkan ada beberapa wisatawan dari dari luar negeri seperti Prancis dan Italia menyarankan untuk membuka usahanya di luar negeri.

Tjandra Limanjaya dan istri memang tertarik untuk mengembangkan bisnisnya hingga mancanegara. Tidak hanya pelanggannya, namun para rekan dan kolega bisnis Tjanra menyarankan agar dirinya segera merambah dunia internasional khususnya di bidang fashion.

Saran dari kolega bisnis Tjandra Limanjaya tersebut bukan main-main, salah satu alasan bisnis pakaian Tjandra harus ke luar negeri adalah guna memperkenalkan kain khas Indonesia ke dunia internasional.

Dikenal Lebih Dulu Melalui Patent Inventor

Tjandra Limanjaya di dunia bisnis, sebelumnya lebih dikenal sebagai investor atau patent inventor yang telah memiliki beberapa hak paten atas temuannya. Beberapa temuannya dapat diakses di Google Patent.

Berbagai inovasi yang beliau temukan tampak sudah diakui dunia internasional. Pada Google Patent Anda dapat menelusuri berbagai paten beliau, yang paling menarik adalah paten tahun 2002 dan 2001.

Pada 2001, Tjandra sudah mendapatkan hak paten atas sistem pembuatan leher botol tengah. Paten tersebut terkait pembuatan P.E.T. botol dengan cara leher off-center.

Kemudian satu tahun berikutnya atau di tahun 2002, Tjandra kembali mendapatkan patent melalui sistem pembuatan botol dengan sistem off-center.  Melalui sistem pembuatan botol tersebut, maka sebuah botol dapat memiliki leher pada bagian tengahnya.

Mengenal Tjandra Limanjaya dan Keluarga

Tjandra Limanjaya adalah suami dari Irnawati Sutanto, yang tidak banyak diliput oleh media saat ini. dibalik kesuksesannya, Tjandra dikenal oleh keluarganya sebagai pribadi yang bertanggung jawab dan selalu peduli pada anak cucunya.

Tjandara memang dikenal sebagai keluarga pebisnis di Indonesia, namun soal kelaurga tampaknya selalu menjadi prioritas bagi beliau. Hal tersebut diterapkannya kepada cara beliau memperlakukan karyawannya.

Rata-rata karyawan yang bekerja di perusahaan beliau, diperlakukan layaknya keluarga. Sehingga semua kenyamanan dan kebutuhan karyawannya menjadi prioritas.

Tidak jarang juga ketika Tjandra mendatangi salah satu perusahaannya, beliau tidak segan untuk berinteraksi dengan karyawan-karyawannya tanpa memandang status sosial.

Kini banyak bisnis Tjandra Limanjaya yang telah diakuai dan sukses baik di dalam atau luar negeri. Capaian tersebut menurutnya tidak lepas dari peran keluarga yang selalu memberikan support terhadap dirinya.