Dinas Pariwisata Badung kembali melakukan renovasi terhadap 2 pos Badan Penyelamatan Wisata Tirta (Balawista) di Pantai Kuta dan Pantai Munggu. Pos Balawista Pantai Kuta direnovasi karena memang sudah termakan usia, sedangkan untuk Pos berlokasi di Pantai Munggu merupakan pos pantau baru.

Menurut Kasi Pengembangan Daya Tarik Wisata Dinas Pariwisata Badung I Made Suardana, pembangunan 2 pos pantau pihak Dinas Pariwisata menggelontorkan dana hingga Rp 650 juta. Anggaran tersebut digunakan masing-masing Rp 500 juta untuk pembangunan dan renovasi pos pantau di Pantau Manggu. Sedangkan untuk Rp 150 juta digunakan untuk renovasi di Pantai Kuta.

Pihak Dinas Pariwisata selain melakukan pembangunan dan renovasi fisik juga melakukan peremajaan alat untuk tim Balawista yang bertugas. Beberapa unit kerja ini seperti jet ski dan beberapa unit rubber boat dilakukan peremajaan agar bisa menunjang kerja tim secara maksimal.

“Ya, tahun ini kami membangun dua pos pantau. Alokasi dana yang disediakan Rp 500 juta untuk pos pantau Pantai Munggu dan Rp 150 juta untuk pos pantau Pantai Kuta. Selain itu ada peremajaan alat. Tapi mohon maaf, data nilai anggaranya saya lupa,” ungkapnya.

Setiap pos Balawista di Badung keseluruhan sudah hampir ada 183 orang petugas yang tersebar di 24 pos pantau Balawista, namun terkait jumlah dan kebutuhan yang semestinya masih terus dilakukan evaluasi. Untuk tahun 2018 sendiri Dinas Pariwisata akan melakukan penambahan jumlah petugas Balawista sejumlah 15 orang.

Apakah jumlah personel dan pos yang ada sudah ideal? Suardana mengatakan saat ini mengoptimalkan tenaga yang sudah ada. “Nanti untuk meminimalkan kecelakaan kami tetap mengevaluasi dan mengkaji kebutuhan idealnya. Baik personel maupun alat-alat penunjangnya,” tandasnya.

Sebelumnya, Koordinator Balawista Kabupaten Badung I Ketut Ipel mengaku tahun ini mendapat dana dari Pemda Badung untuk pembangunan pos pemantau yang ada di Pantai Kuta.  Sementara untuk jumlah personel dia mengaku masih kurang. Saat ini pada setiap pos tak semua jumlah personelnya sama. Jumlahnya bervariasi, ada yang 5, 6, 7, 8 orang setiap pos.