Stargazing atau mengamati gugusan bintang merupakan aktivitas liburan yang unik dan sangat menyenangkan. Namun tidak semua tempat memiliki pemandangan langit yang indah. Biasanya mereka yang tinggal di kota-kota besar sangat susah menemukan stargazing karena polusi dari lampu-lampu kota yang sangat padat.

Sebenarnya untuk menikmati stargazing tidak harus berada di tempat yang tinggi. Jika Anda tinggal di wilayah yang jauh dari gemerlap kota maka Anda akan memiliki kesempatan untuk mengamati bintang di langit. Waktu yang tepa untuk stargazing di wilayah Indonesia adalah saat musim kemarau, yakni antara bulan Maret hingga Oktober. Jika Anda ingin stargazing maka berikut beberapa tempat yang dapat Anda kunjung.

Gunung Bromo

Stargazing terbaik Indonesia yang pertama ada di kawasan Gunung Bromo. Gunung berapi aktif dengan ketinggian 2.329 meter ini merupakan destinasi favorit para wisatawan baik lokal maupun luar negeri. Untuk menuju ke destinasi wisata ini cukup mudah. Selain memiliki tempat favorit untuk menikmati sunrise, kawasan Gunung Bromo juga menyajikan stargazing yang memukai di malam hari. Para mengunjung biasanya akan berkemah untuk menikmati gugusan bintang di langit Bromo.

Gunung Batur

Gunung ini berada di provinsi Bali dan sudah menjadi destinasi alam favorit selain pantai. Gunung Batur menjadi gunung berapi yang masih aktif dan tertinggi kedua di Bali. Gunung ini terkenal memilki kemegahan kaldera serta Danau batur yang memiliki bentuk seperti bulan sabit. Langit malam di Gunung Batur sangat mengesankan karena memang jauh dari keramaian. Stargazing terbaik dapat dilakukan saat perayaan Nyepi dimana Bali merupakan pulau yang tanpa cahaya.

Gunung Prau

Stargazing terbaik di Indonesia selanjutnya adalah berada di Gunung Prau. Gunung ini menawarkan suasana yang sangat bersahabat. Ini karena rute perjalanan menuju ke puncak cukup pendek dan Anda dapat berkembah dilokasi ini. Pemadangan gugusan bintang di Gunung Prau yang berlokasi di Kabupaten Wonosobo ini sangat mengesankan. Setelah Anda menikmati stargazing, pengunjung juga dapat menikmati berbagai wisata alam lainnya.