PLTA Kayan akan jadi PLTA terbesar di Indonesia, bahkan Asia. PLTA ini berkapasitas listrik sebesar 9.000 MW.

Akhir tahun 2019, PLTA Kayan rencananya akan mulai kontruksi. Pembangkit Listrik Tenaga Air Kayan berlokasi di Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara. Dinamakan dengan PLTA Kayan karena memanfaatkan aliran Sungai Kayan.

Sungai Kayan sendiri jadi salah satu sungai terbesar yang dimiliki Kalimantan Utara. Sungai ini berhulu di Gunung Ukeng dan bermuara di Laut Sulawesi. Panjang sungai mencapai 576 Km dan memiliki luas 36.993,71 kilometer persegi.

PLTA Kayan manfaatkan aliran Sungai Kayan

Selain jadi PLTA Kayan, Sungai Kayan juga dimanfaatkan sebagai destinasi wisata Taman Sungai Kayan (travelingyuk.com)

Sungai Kayan melintasi dua kabupaten di Kaltara, yakni Malinau dan Bulungan. Sepanjang aliran, sungai ini melewati kurang lebih 20 desa. Masing-masing desa memiliki suku yang berbeda namun bahasanya sebagian besar sama. Aktivitas masyarakat di sepanjang sungai rata-rata bertani.

Masyarakat Kalimantan Utara selama ini memanfaatkan Sungai Kayan dengan berbagai cara. Bisa dikatakan, Sungai Kayan merupakan nafas masyarakat Kalimantan Utara. Sungai ini juga menjadi lalu lintas bagi masyarakat sekitar. Dengan menggunakan kapal-kapal kecil, warga sering memanfaatkan sungai untuk berlalu lalang ke daerah lain.

Warga Kabupaten setempat memang menjadikan sungai ini sebagai tempat Mobilisasi kegiatan Transportasi Jalur Laut dari Pelabuhan Besar di Tarakan. Untuk mempermudah warga dan labuhan kapal, Pemprov membuat beberapa pelabuhan kecil di sepanjang sungai Kayan.

Dari pelabuhan kecil ini, warga dapat menurunkan barang dagangan atau hasil tangkapan ikan para nelayan. Dari pelabuhan kecil ini masyarakat juga mendistribusikan barang dagangan mereka. Bisa dikatakan, pelabuhan kecil di sepanjang Sungai Kayan ikut menggerakkan roda ekonomi warga.

Selain dimanfaatkan sebagai jalur lalu lintas kapal kecil, Permprov juga memanfaatkan Sungai Kayan menjadi destinasi yang menarik. Salah satunya adalah dengan dibangunnya Taman Sungai Kayan. Taman ini berada di Tanjung Selor, ibukota Provinsi Kalimantan Utara, di Kabupaten Bulungan. Taman ini bahkan jadi salah satu landmark yang dimiliki Kaltara.

Di taman ini, para pengunjung dapat menikmati keindahan matahari terbenam dari pinggir sungai. Taman ini telah dibangun dengan berbagai hiasan lampu, taman, bangku taman, dan masih banyak lagi. Banyak warga yang berkunjung ke taman ini sambil membawa keluarga mereka untuk duduk dan bersantai.

Selain menyaksikan senja, wisatawan juga dapat melihat aktivitas warga yang berlalu lalang di Sungai Kayan. Berbagai perahu kecil sering melintas di sungai, mulai dari perahu tradisional sampai modern.

Jika PLTA Kayan telah dibangun, berarti Pemprov Kaltara benar-benar berhasil memanfaatkan potensi Sungai Kayan dengan baik. PLTA Kayan sendiri akan memasok kebutuhan listrik di beberapa wilayah di Kalimantan, baik kebutuhan rumah tangga maupun kebutuhan industri.