Setiap tahunnya Festival saldu dan es di Harbin selalu ditunggu wisatawan dari berbagai penjuru dunia. Festival musim dingin ini menyajikan berbagai seni pahatan dan ukran yang berasal dari salju dan es. Festival ini juga menjadi Festival salju dan es terbesar di dunia.

Harbin merupakan ibuota provinsi Heilongjiang yang berada di wilayah timur Laut China atau berbatasan dengan Rusia. Saat musim dingin tiba, maka hembusan angin dingin di Siberia membuat suhu di wilayah Harbin menjadi sangat dingin, bahkan bisa mencapai -20 derajat celcius.

Pada suhu tersebut semua cairan akan membeku dengan cepat apabila ditempatkan di luar ruangan. Beberapa wilayah disekitarnya suhu udara bisa mencapai -5 hingga -10 derajat celcius. Meski suhu di Harbin cukup ekstrim namun hal ini justru membuat wisatawan penasaran.

Dari Shanghai, wisatawan dapat menuju ke Harbin menggunakan kereta api yang ditempuh dengan waktu 25 jam. Jika menggunakan kereta cepat tentu waktu tempuh akan lebih cepat namun harganya cukup tinggi.

Yang perlu dipersiapkan untuk menikamati Festival Es di Harbin adalah perlengkapan serta pakaian hangat yang tebal. Tak lupa Anda juga harus membapa kupluk, satung tangan, sepatu boot beralas tebal, dan masker pelindung muka.

Bagi yang baru pertama kali ke Harbin pasti akan sangat terkesan karena pemandangan salju ada dimana-mana. Balok-balok es menghiasi seluruh kota dan menjadikannya sangat indah dilihat.

Biasanya festival salju dan es Harbisn dilaksanakan pada tanggal 24 Desember hingga 25 Februari, mulai pukul 11 siang hingga 10 malam. Pengunjung disarankan datang saat malam hari karena bangunan yang terbuat dari balok-balok es akan lebih cantik jika terkena paparan sinar di malam hari.

Pada pagelaran ini terdapat ajang kompetisi yang diikuti seniman es dari berbagai negara di dunia. Seniman yang hadir mampu menciptakan bongkahan balok es menjadi sebuah karya seni yang sangat indah.

Perlu diketahui bahwa Harbin telah mengakan festival ini sejak tahun 1963. Es yang digunakan diambil dari Sungai Songhua yang membeku. Bahkan bangunan yang dibuat diambil dari dongeng tradisional China.