Memiliki bisnis pakaian, yang sekaligus dipakai oleh petinggi negara Presiden Joko Widodo mungkin memang impian semua pelaku bisnis fashion Indonesia. Pastinya bangga, kepuasan tersendiri bisa mewujudkan hal tersebut. Mungkin ada keberuntungan bagi Nah Project, tidak menyangka Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggunakan sepatu sneakers produksinya.

Rizky, sebagai salah satu Founder sekaligus CEO Nah Project mengatakan awal berdirinya Nah Project pada akhir tahun 2017 meramaikan bisnis pakaian di Indonesia. Awal produksi Nah Project mengeluarkan sepatu kulit yang imitasi sebagai kebutuhan formal di Bandung. Nah Project dan Tim terus melakukan Eksperimen dan pada akhirnya fokus ke sepatu Sneakers.

Rizky mengatakan pasar yang menggerakkan bisnis pakaian miliknya kearah anak muda jadi untuk memproduksi Sneakers memang sangat pas untuk bisnis Fashion saat ini. Warna-warna yang mereka pilih juga lebih beragam dan sporty.

Banyak rintangan yang di alami Nah Project dalam menjalankan bisnis pakaian Nah Project, salah satunya yaitu di tolak oleh keluarga. Keluarga menolak bisnis fashionnya karena pendidikan di bangku kuliah bertolak belakang dengan passionnya. Rizky adalah lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) jurusan Teknik Biologi.

Tekat yang kuat untuk mengembangkan bisnis pakaian miliknya CEO Nah Project tersebut sempat menolak pekerjaan dari Freeport Indonesia dan lainnya. Bermodal dengan sedikit pengalaman dan modal uang Rp 5 juta rupiah.

Modal tersebut untuk kebutuhan operasional bisnis pakaian miliknya. Sementara untuk biaya produksi ia katakan ditalangi oleh vendor yang membuat sepatu. Setelah dapat untung dari penjualan, baru biaya produksi dibayar ke vendor.

Modal bisnis pakaian miliknya senilai Rp 5 juta tersebut terkumpul dengan berbagai cara, mulai dari patungan tim yang terdiri dari empat orang, hingga menjual barang-barang yang dia punya.

Jadi, dia menceritakan sebelum bisnis sepatu sempat mencicipi bisnis pakaian. Setelah berhenti dari bisnis tersebut masih ada sisa yang belum terjual.

Dia juga mengatakan saat ini Nah Project baru sebatas memasarkan produknya via online, salah satunya Instagram @nah.project. Mereka sedang mengumpulkan modal untuk membuka toko, baru kemudian membuat pabrik sendiri.