Estetika Gunung Kelimutu dengan pesona danau tiga warnanya yang mendunia memang sangatlah istimewa, bahkan pernah diabadikan dalam mata uang rupiah kita.

Nama Kelimutu sendiri berasal dari gabungan kata “Keli” yang berarti gunung dan “Mutu” yang berarti mendidih. Gunung Kelimutu mempunyai ketinggian 1.639 mdpl atau 5.377 kaki. Letaknya berada di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende, Flores, NTT.

Gunung Kelimutu memiliki panorama yang berbeda dari gunung-gunung yang berada di Indonesia, pasalnya Gunung Kelimutu mempunyai Tiga Danau yang terwujud dari letusan Gunung Kelimutu ratusan tahun silam, dengan warnanya yang berbeda-beda.

Danau Kelimutu mempunyai luas kurang lebih 1.051.000 meter persegi dengan volume air 1.292 juta meter kubik, ketinggian dinding kawah antara 100 sampai 200 meter. Dinding Danau Gunung Kelimutu tergolong curam dan terjal sebab mempunyai kemiringan 60 hingga 70 derajat.

Ketiga  Danau Kawah Gunung Kelimutu mempunyai panorama yang amat memikat dan menawan sehingga sanggup menjadi daya tarik bagi para pengunjung dalam negeri ataupun mancanegara. Pengunjung bahkan rela berjalan kaki menaiki puluhan anak tangga dengan jalur yang cukup menanjak, cuma untuk memandang lanskap Danau Kelimutu dari ketinggian. Dari puncak, pengunjung bisa mengamati pemandangan 360 derajat yang mengitari Danau Kelimutu. Danau Kelimutu juga daerah yang pas untuk menyaksikan Sunrise terbit.

Pengunjung rela menjalankan trekking di pagi buta cuma untuk merasakan dan menyaksikan sunrise dari puncak Gunung Kelimutu.

Bagi pengunjung yang berasal dari luar kota, bisa memakai transportasi udara dengan tujuan Airport H. Hasan Aroeboesman di Kabupaten Ende.  Setibanya di Kabupaten Ende, pengunjung bisa melanjutkan perjalanan menuju Desa Moni, sebuah desa yang berada di kaki Gunung Kelimutu dengan jarak perjalanan sekitar 65 Kilometer dari airport. Dikarenakan di Ende masih amat minim akan transportasi umum untuk menuju Desa Moni, akan lebih bagus bila pengunjung menyewa kendaraan bermotor di Ende atau bisa juga memakai jasa travel dengan tujuan Desa Moni atau Gunung Kelimutu. Jarak yang dicapai pengunjung dari Kabupaten Ende sekitar 50 km menuju ke Desa Moni dan 15 km dari Kampung Moni hingga ke gerbang pintu masuk Taman Nasional Kelimutu

Masuk wilayah Taman Nasional Kelimutu bagi pengunjung dalam negeri akan dikenakan biaya sebesar 5.000 rupiah dan 150.000 rupiah untuk pengunjung mancanegara. Dan untuk tarif tambahan parkir kendaraan, untuk motor dikenakan 5.000 rupiah untuk kendaraan beroda empat dikenakan biaya 10.000 rupiah.

Di sekitar lokasi danau, telah tersedia beragam fasilitas pendukung bagi para pengunjungnya mulai dari kamar kecil, sebagian gazebo, lahan parkir dan jajaran warung yang menjajakan minuman dan makanan di sekitar zona parkir. Fasilitas-fasilitas demikian juga tampak terjaga dan terawat kebersihannya.